Minggu, 10 November 2013

Titik_DAN_Vektor

Review Artikel Mengenai Bintik atau Titik (Point)
Nama             : Muhammad Ridwan Ismanu
Tanggal           :20 Oktober 2013
Judul               : Pengunaan Tiitk

A.      Landasan Teori
Titik, titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut titik yang paling umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah.
Titik merupakan awalan atau sebuah permulaan teknik dasar dalam sebuah penulisan, pengambaran, dan juga pembuatan desain. Titik merupakan tingkat awal yang harus dipelajari sebelum menjelajah jauh hingga ke garis. Sekumpulan titik dapat berubah menajadi gari jika di hubungkan antara satu titik dengan titik lainya
.
B.      Metode dan Subjek              
Titik merupakan unsur desain yang paling sederhana. Karya desain berupa gambar ataupun lukisan bermula dari titik. Titik adalah salah satu elemen dalam seni rupa yang paling kecil, dan merupakan elemen paling dasar dalam seni rupa atau design. Apabila suatu titik ditarik akan menjadi suatu garis, dan titik apabila diolah secara luas akan menjadi suatu bidang. Titik mempunyai peran yang sama dengan elemen seni yang lain seperti garis dan warna. Penggunaan titik biasanya pada bagian-bagian yang terkecil dalam suatu karya seni. 



C.      Kesimpulan
Titik/bintik merupakan unsur dasar desain yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai dari titik. Titik dapat pula menjadi pusat perhatian, bila berkumpul atau berwarna beda.Titik yang membesar biasa disebut bintik

Sumber         : http://www.notepedia.info/2013/04/unsur-unsur-dalam-seni-rupa.html
                      http://www.frozpedia.com/2013/07/pengertian-titik-bintik.html
                      http://www.satriamultimedia.com/artikel_teori_desain_grafis_nirmana.html
  


                        
Review Artikel Mengenai Vektor
Nama                    : Muhammad Ridwan Ismanu
Tanggal                 :20 Oktober 2013
Judul                     : Vektor

A.      Landasan Teori
Gambar vektor atau grafik vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap.
Ada dua macam seni yang digunakan oleh komputer. Dua jenis yang seni "Bitmap", dan "Vector". Seni bitmap meliputi hampir setiap jenis file ada: BMP, GIF, JPG atau JPEG, PCX - daftar sangat besar. Format file vektor meliputi EPS. Dan file yang dibuat dan dimanipulasi oleh produk perangkat lunak profesional seperti Arts & Letters Express ®, Adobe Illustrator ®, dan Corel Draw.
Perbedaan antara kedua jenis seni terletak pada bagaimana gambar disimpan dalam file seni sendiri . File bitmap terdiri dari serangkaian angka yang mewakili koordinat dalam grid bidang gambar , dan warna untuk setiap pixel di area kotak . Gambar ke kanan akan membantu menggambarkan konsep file Bitmap . Gambar di atas merupakan gambar bitmap yang sebenarnya seperti yang Anda akan melihat di layar komputer Anda . Semakin rendah representasi menunjukkan bagaimana gambar ini akan " dipahami " oleh komputer Anda .
Untuk menyimpan gambar ini , komputer menciptakan gridwork bidang gambar . Ini menyimpan informasi tentang file dengan mengidentifikasi setiap pixel dan itu warna. ( Pixel adalah titik-titik kecil di layar komputer Anda yang menyala untuk membuat segala sesuatu yang Anda lihat pada layar Anda . ) Dalam contoh kita , pixel pada koordinat ( 1,1) berwarna hitam, piksel pada koordinat ( 1,2 ) yang berwarna abu-abu menengah , pixel pada koordinat ( 1,3 ) adalah media abu-abu berwarna , dan sebagainya.
Untuk contoh ini , mari kita misalkan bahwa format file di mana kita akan menyimpan bitmap ini terdiri dari set memerintahkan 3 angka. Dua angka pertama mewakili koordinat dan nomor ketiga mewakili warna . Jika nomor yang mewakili " Hitam " adalah " 0 " dan jumlah yang mewakili "abu-abu menengah " adalah " 64 " , maka data dalam file tersebut mungkin terlihat seperti ini :

( 1,1,0 ) , ( 1,2,64 ) , ( 1,3,64 )


B.       Metode dan Subjek              
Grafik vektor terbina daripada garisan-garisan yang mengikut istilah matematik - vektor. Vektor menggambarkan grafik mengikut rupabentuk geometri grafik tersebut. Sebagai contoh, sebiji tayar basikal di dalam format grafik vektor terbina daripada definisi matematik di mana sebuah bulatan dengan radius tertentu, ditetapkan pada lokasi tertentu, dan terisi dengan warna tertentu. Grafik tersebut boleh dialih lokasinya, diubah saiznya, atau ditukar warnanya tanpa kehilangan kualiti grafik.
Grafik vektor tidak bergantung kepada resolusi - grafik boleh diubah saiznya dan juga dicetak di atas mana-mana pencetak tidak kira berapa resolusinya tanpa kehilangan kualiti grafik tersebut. Kesimpulannya, grafik vektor adalah paling sesuai untuk teks (terutamanya teks yang kecil) dan grafik yang tebal (bold) di mana apabila diubah saiznya garisan yang jelas mestilah tidak hilang kualitinya - sebagai contoh, logo.

        Dengan menggunakan koordinat dan vektor , komputer dapat menarik garis dari titik A ke titik B dengan kurva yang tepat secara otomatis dibuat .File untuk ilustrasi vektor akan berisi koordinat dalam area gambar untuk poin " A" dan " B " bersama dengan informasi pendukung lainnya . Setiap baris atau serangkaian garis dikelompokkan bersama menjadi objek dalam file vektor , jadi jika koordinat titik " A " adalah ( 12,1 ) dan koordinat untuk titik " B " adalah ( 15.102 ) , file untuk ilustrasi vektor atas mungkin terlihat seperti ini :

{ Mulailah Obyek - Terbuka Bentuk } { warna garis = 0 } { 12,1 , ( persamaan vektor ) } { 15.102 , ( persamaan vektor ) } { } End Object
   
           Karena informasi untuk setiap pixel mungkin dalam bidang gambar tidak bisa disimpan dalam file , file vektor secara dramatis lebih kecil dari file bitmap dari gambar yang sama . File vektor hanya mengandung garis-garis , tetapi jika beberapa baris bergabung untuk membuat area tertutup , perintah tambahan dapat dimasukkan untuk memberitahu komputer untuk mengisi daerah itu dengan warna. Dengan menggabungkan beberapa baris dan membuat beberapa objek , gambar discernable mulai muncul .


C.       Kesimpulan

Pengertian Grafis Vektor ,Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.



SUMBER:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar