Review Artikel Mengenai Bintik
atau Titik (Point)
Nama : Muhammad Ridwan Ismanu
Tanggal :20 Oktober 2013
Judul : Pengunaan Tiitk
A. Landasan Teori
Titik, titik
adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Raut titik yang paling
umum adalah bundaran sederhana, mampat, tak bersudut dan tanpa arah.
Titik merupakan awalan atau
sebuah permulaan teknik dasar dalam sebuah penulisan, pengambaran, dan juga
pembuatan desain. Titik merupakan tingkat awal yang harus dipelajari sebelum
menjelajah jauh hingga ke garis. Sekumpulan titik dapat berubah menajadi gari
jika di hubungkan antara satu titik dengan titik lainya
.
B. Metode dan Subjek
Titik
merupakan unsur desain yang paling sederhana. Karya desain berupa gambar
ataupun lukisan bermula dari titik. Titik adalah salah satu elemen dalam seni
rupa yang paling kecil, dan merupakan elemen paling dasar dalam seni rupa atau
design. Apabila suatu titik ditarik akan menjadi suatu garis, dan titik apabila
diolah secara luas akan menjadi suatu bidang. Titik mempunyai peran yang sama
dengan elemen seni yang lain seperti garis dan warna. Penggunaan titik biasanya
pada bagian-bagian yang terkecil dalam suatu karya seni.
C. Kesimpulan
Titik/bintik merupakan unsur
dasar desain yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai dari titik. Titik
dapat pula menjadi pusat perhatian, bila berkumpul atau berwarna beda.Titik
yang membesar biasa disebut bintik
Sumber :
http://www.notepedia.info/2013/04/unsur-unsur-dalam-seni-rupa.html
http://www.frozpedia.com/2013/07/pengertian-titik-bintik.html
http://www.satriamultimedia.com/artikel_teori_desain_grafis_nirmana.html
Review Artikel Mengenai Vektor
Nama : Muhammad Ridwan Ismanu
Tanggal :20 Oktober 2013
Judul : Vektor
A. Landasan Teori
Gambar vektor
atau grafik vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan
matematis. Gambar Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik
menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar
tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya
memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap.
Ada dua macam seni yang digunakan oleh komputer.
Dua jenis yang seni "Bitmap", dan "Vector". Seni bitmap
meliputi hampir setiap jenis file ada: BMP, GIF, JPG atau JPEG, PCX - daftar sangat
besar. Format file vektor meliputi EPS. Dan file yang dibuat dan dimanipulasi
oleh produk perangkat lunak profesional seperti Arts & Letters Express ®,
Adobe Illustrator ®, dan Corel Draw.
Perbedaan antara kedua jenis seni terletak pada
bagaimana gambar disimpan dalam file seni sendiri . File bitmap terdiri dari
serangkaian angka yang mewakili koordinat dalam grid bidang gambar , dan warna
untuk setiap pixel di area kotak . Gambar ke kanan akan membantu menggambarkan
konsep file Bitmap . Gambar di atas merupakan gambar bitmap yang sebenarnya
seperti yang Anda akan melihat di layar komputer Anda . Semakin rendah
representasi menunjukkan bagaimana gambar ini akan " dipahami " oleh
komputer Anda .
Untuk menyimpan gambar ini , komputer menciptakan
gridwork bidang gambar . Ini menyimpan informasi tentang file dengan
mengidentifikasi setiap pixel dan itu warna. ( Pixel adalah titik-titik kecil
di layar komputer Anda yang menyala untuk membuat segala sesuatu yang Anda
lihat pada layar Anda . ) Dalam contoh kita , pixel pada koordinat ( 1,1)
berwarna hitam, piksel pada koordinat ( 1,2 ) yang berwarna abu-abu menengah ,
pixel pada koordinat ( 1,3 ) adalah media abu-abu berwarna , dan sebagainya.
Untuk contoh ini , mari kita misalkan bahwa format
file di mana kita akan menyimpan bitmap ini terdiri dari set memerintahkan 3
angka. Dua angka pertama mewakili koordinat dan nomor ketiga mewakili warna .
Jika nomor yang mewakili " Hitam " adalah " 0 " dan jumlah
yang mewakili "abu-abu menengah " adalah " 64 " , maka data
dalam file tersebut mungkin terlihat seperti ini :
( 1,1,0 ) , ( 1,2,64 ) , ( 1,3,64 )
B. Metode dan Subjek
Grafik vektor
terbina daripada garisan-garisan yang mengikut istilah matematik - vektor.
Vektor menggambarkan grafik mengikut rupabentuk geometri grafik tersebut.
Sebagai contoh, sebiji tayar basikal di dalam format grafik vektor terbina
daripada definisi matematik di mana sebuah bulatan dengan radius tertentu,
ditetapkan pada lokasi tertentu, dan terisi dengan warna tertentu. Grafik
tersebut boleh dialih lokasinya, diubah saiznya, atau ditukar warnanya tanpa
kehilangan kualiti grafik.
Grafik vektor tidak bergantung
kepada resolusi - grafik boleh diubah saiznya dan juga dicetak di atas
mana-mana pencetak tidak kira berapa resolusinya tanpa kehilangan kualiti
grafik tersebut. Kesimpulannya, grafik vektor adalah paling sesuai untuk teks
(terutamanya teks yang kecil) dan grafik yang tebal (bold) di mana apabila
diubah saiznya garisan yang jelas mestilah tidak hilang kualitinya - sebagai
contoh, logo.
Dengan menggunakan koordinat dan vektor , komputer dapat menarik garis dari titik A ke titik B dengan kurva yang tepat secara otomatis dibuat .File untuk ilustrasi vektor akan berisi koordinat dalam area gambar untuk poin " A" dan " B " bersama dengan informasi pendukung lainnya . Setiap baris atau serangkaian garis dikelompokkan bersama menjadi objek dalam file vektor , jadi jika koordinat titik " A " adalah ( 12,1 ) dan koordinat untuk titik " B " adalah ( 15.102 ) , file untuk ilustrasi vektor atas mungkin terlihat seperti ini :
{ Mulailah Obyek - Terbuka Bentuk } { warna garis = 0 } { 12,1 , ( persamaan vektor ) } { 15.102 , ( persamaan vektor ) } { } End Object
Karena informasi untuk setiap pixel mungkin dalam bidang gambar tidak bisa disimpan dalam file , file vektor secara dramatis lebih kecil dari file bitmap dari gambar yang sama . File vektor hanya mengandung garis-garis , tetapi jika beberapa baris bergabung untuk membuat area tertutup , perintah tambahan dapat dimasukkan untuk memberitahu komputer untuk mengisi daerah itu dengan warna. Dengan menggabungkan beberapa baris dan membuat beberapa objek , gambar discernable mulai muncul .
C. Kesimpulan
Pengertian
Grafis Vektor ,Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui
kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar