Sabtu, 30 November 2013

Vektor Pada Design Pemodelan Grafis

Vektor

 Objek bitmap dan vektor merupakan objek utama dalam pekerjaan grafis Fireworks CS4.




Bitmap adalah sebuah grafik yang terbentuk dari titik-titik kecil atau biasa disebut dengan piksel, yang tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah gambar. Panel Tools pada group Bitmap berisi tombol-tombol untuk mengolah objek bitmap.
objek-bitmap
Ketika Anda membuat objek bitmap baru, objek tersebut akan dimasukkan dalam layer aktif. Untuk membuat objek bitmap baru, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
1.  Pilih Brush tool atau Pencil tool dalam grup Bitmap panel Tools.
2. Klik tahan geser mouse untuk membuat objek bitmap pada kanvas. Sebuah objek bitmap akan ditambahkan di dalam layer aktif pada panel Layers.




hasil-bitmap-brush-pencil-tool.



Brush tool digunakan untuk menggambar seperti melakukan pengecatan. Ganti stroke kuas dengan menggunakarv kotak Stroke Color, atau Paint Bucket tool. Sedangkan untuk mengganti warna dari piksel terpilih, gunakan kotak Fill Color.
Anda juga dapat menambahkan objek bitmap berupa image dengan menggunakan file image yang telah ada. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan bitmap berupa image:

1.Pilih menu File Import.
2.Dalam kotak dialog Import yang tampil, tentukan lokasi penyimpanan file image pada bagian Look in.
3.Pilih nama file yang akan disisipkan dalam jendela dokumen, kemudian klik tombol Import.
Arahkan pointer mouse ke dalam jendela dokumen, pointer mouse akan berubah menjadi tanda siku terbalik berwarna hitam.
4.Klik pointer mouse pada jendela kerja untuk menambahkan image sesuai ukuran aslinya, atau klik tahan geser mouse untuk menambahkan image dengan ukuran tertentu.


image-bitmap


Objek vektor tersusun dari titik-titik yang berkaitan sepanjang garis yang dibuat. Objek vektor memiliki 2 bagian yaitu Stroke dan Fill Stroke adalah garis yang menjadi batas objek, sedangkan Fill adalah warna dari bidang objek tersebut.
Untuk membuat objek vektor bebas, digunakan tombol perintah Line tool dan Pen tool Sedangkan untuk menambahkan objek vektor yang sudah jadi, Fireworks menyediakan fasilitas Basic Shape, misalnya objek lingkaran, persegi empat, star, polygon dan sebagainya. Selain itu Anda juga dapat menggunakan Text Tool untuk menambahkan objek vektor berupa teks.



objek2


Langkah untuk menggambar objek vector menggunakan Line tool dan Basic Shape tool adalah:
1.Klik tombol perintah objek yang akan digambar, misalnya Line tool atau Rectangle tool.
2.Klik tahan geser pointer mouse pada kanvas sesuai dengan ukuran objek yang Anda inginkan.
Untuk membuat objek Line, klik tahan geser mouse hingga membentuk sebuah garis. Untuk garis lurus dengan kemiringan 45°, kombinasikan dengan tombol Shift.
Sedangkan untuk objek dasar lainnya seperti Rectangle atau Oval, klik dan geser mouse hingga objek terbentuk. Untuk membuat objek simetris, gunakan kombinasi tombol Shift.
Tips :
Untuk menggambar garis, persegi empat, lingkaran atau poligon mulai dari posisi titik pusat, letakkan pointer mouse pada posisi yang akan menjadi titik pusat, kemudian tekan Alt dan geser di dalam kanvas untuk membentuk objek.
Untuk menetapkan bentuk dan menggambar dari titik pusat, letakkan pointer mouse pada posisi yang akan menjadi titik pusat, tekan Shift + Alt dan geser mouse di dalam kanvas.
Anda juga dapat menggambar path bebas dengan menggunakan tombol perintah Pen tool. Ada 3 perintah dalam tombol Pen tool, yaitu Pen tool, Vector Path tool, dan Redraw Path



 • Pen tool digunakan untuk membuat path lurus atau kurva.
1. Pilih Pen tool pada group vektor.
2.Klik dalam kanvas untuk membuat titik siku pertama.
3.Pindahkan pointer mouse dan klik titik berikutnya. Sebuah garis lurus akan menghubungkan kedua titik tersebut.
4.Untuk mengubah garis lurus tersebut menjadi garis kurva, klik tahan dan geser titik yang kedua.


5.Untuk menghentikan proses menggambar, dobel klik pada akhir titik untuk mengakhiri pembentukan path yang terbuka. Sedangkan untuk menutup path, klik pada titik awal path.
 titik-pengatur-kurva
• Vector Path tool digunakan untuk menggambar objek vektor dengan tampilan seperti cat atau tinta, namun tetap memiliki titik-titik dan garis-garis pada objek.
Klik tombol perintah Vector Path Tool , dan atur properti stroke dan fill pada panel Properties.
Klik tahan dan geser mouse untuk menggambar garis bebas Vector Path.
vector-path



• Redraw Path digunakan untuk menggambar kembali atau memperpanjang bagian path yang terpilih.
path-terbuka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar