Dodge The Canon
Dodge The Canon merupakan Game yang dibuat menggunakan bahasa pemograman Java berbasis Procesing :
ini lah codingan game nya .
*PVector
location,cannon1,cannon2,cannon3,cannon4;
Penjelasan tempat dan juga 4 cannon yang tersedia di setiap sudutnya
Penjelasan tempat dan juga 4 cannon yang tersedia di setiap sudutnya
*ArrayList bullets;
public int
count,interval,score,c3spd,c4spd;
boolean
titlescreen,playing,lostscreen;
Pendeklarasian untuk mengenal class dalam public yang terdapat 2 jenis yaitu integer dan boolean.
Pendeklarasian untuk mengenal class dalam public yang terdapat 2 jenis yaitu integer dan boolean.
*void setup(){
titlescreen=true;
playing=false;
lostscreen=false;
PFont font=createFont("TimesNewRomanPSMT",36);
textFont(font);
size(750,500);
count=0;
interval=30;
bullets=new ArrayList();
location=new PVector();
cannon1=new PVector(20,0);
cannon2=new PVector(0,20);
cannon3=new PVector(20,width);
cannon4=new PVector(height,20);
c3spd=5;
c4spd=5;
}
- Pada listing diatas menjelaskan tentang pembuatan layar permainan besar dan juga warna yang digunakan. beserta jenis tulisan yang digunakan, yaitu Times New Roman PSMT dengan besar 36.
- kemudian letak keemapt cannon ditaru dalam codingan diatas
*void draw(){
if(titlescreen){
text("Mulai
Main",(width/2-50),(height/2)-25);
if(mousePressed){
titlescreen=false;
playing=true;
lostscreen=false;
}
- Pada listing ini berfungsi sebagai pengaturan title screen
*if(playing){
background(150);
PVector mouse=new PVector(mouseX,mouseY);
PVector move=PVector.sub(mouse,location);
count++;
spikes();
fill(255);
text("Score:"+score,75,75);
fill(0,255,0);
cannon1.y+=max(min(mouseY-cannon1.y,5),-5);
- didalam listing ini dimaksud apabila mouse bergerak maka maka canon juga akan mengikuti pergerakan mouse teresbut.
* if(cannon1.y<0)cannon1.y=0;
else
if(cannon1.y>height)cannon1.y=height;
if(score>500){
- jika score yang didapat sudah mencapai 500 maka cannon ke dua akan muncul.
* cannon2.x+=max(min(mouseX-cannon2.x,5),-5);
if(cannon2.x<0)cannon2.x=0;
else
if(cannon2.x>width)cannon2.x=width;
}
if(score>2000){
- Jika canon sudah mencapai score 2000 maka cannon ke 3 akan muncul sampai score yang ditetntukan maka cannon ke 4 pun muncul.
* cannon3.y+=c3spd;
if(cannon3.y<0){
cannon3.y=0;
c3spd=-c3spd;
}
else if(cannon3.y>height){
cannon3.y=height;
c3spd=-c3spd;
}
}
if(score>5000){
cannon4.x+=c4spd;
if(cannon4.x<0){
cannon4.x=0;
c4spd=-c4spd;
}
- Jika canon sudah mencapai score 5000 maka cannon ke 4 akan muncul . di dalam stage ini kecepatan bola juga akan dinaikan sehingga membuat player manjdi sulit.
* triangle(0,cannon1.y+25,0,cannon1.y-25,50,cannon1.y);
if(score>500)triangle(cannon2.x+25,0,cannon2.x-25,0,cannon2.x,50);
if(score>2000)triangle(width,cannon3.y+25,width,cannon3.y-25,width-50,cannon3.y);
if(score>5000)triangle(cannon4.x+25,height,cannon4.x-25,height,cannon4.x,height-50);
fill(255);
- di dalam listing diatas bermaksud pembuatan cannon tersebut berbentuk segitiga dengan warna merah beserta letak canon tersebut akan muncul.
* ellipse(mouse.x,mouse.y,50,50);
- Player menggunakan mouse sebagai bola. ketika mouse dijalankan maka lingkaran tersebut akan bergerak pula.
* if(count>interval){
count=0;
score+=1*175-(mouseX/4-50);
bullets.add(new Bullet(cannon1,1));
if(score>500)bullets.add(new
Bullet(cannon2,2));
if(score>2000)bullets.add(new
Bullet(cannon3,3));
if(score>5000)bullets.add(new
Bullet(cannon4,4));
- Maksud codingan diatas ada penjelasan score yang akan di declarasikan dengan class pada codingan keseluruhan.
* textAlign(CENTER);
text("Kamu
Kalah!",width/2,height/2-50);
text("Score Kamu
adalah:"+score,width/2,height/2);
text("Klik dimana aja untuk
bermain",width/2,height/2+50);
if(mousePressed){
score=0;
titlescreen=false;
playing=true;
lostscreen=false;
}
}
}
- Pembuatan text jika Kamu kalah dan akan muncul text yang melihatkan secore player.
Tutorial Game : https://www.youtube.com/watch?v=34DsTEhzEwY
Tidak ada komentar:
Posting Komentar